Tips Membersihkan Karburator

Filed Under ( ) by Dion Yerry on Senin, 08 Maret 2010

Posted at : 03.43


Karburator merupakan elemen yang sangat vital bagi kendaraan anda. Jika perawatanny tidak baik, maka besar kemungkinan kendaraan anda akan ‘rewel’ saat anda kendaraai. Berikut ini adalah tips – tips yang dapat anda pergunakan untuk merawat karburator kendaraan anda.


1. Membersihkan filter udara atau penampung debu. Lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filter lalu bersihkan dengan cairan pembersih lalu biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa filter tersebut.2. Membersihkan karburator. Bukalah karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, agar mudah gunakan saja cairannya bensin.

Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat pemasangan tidak bingung mencarinya.

Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer. Jangan terlalu banyak mengamplasnya karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer.

Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

3. Menyetel tinggi pelampung. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator sebaiknya anda jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat.

4. Merakit karburator. Pasanglah kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda.

Anda juga harus menyetel baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan karena akan membuat oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.


Carburetor is a vital element for your vehicle. If perawatanny not good, then your vehicle likely to be 'fussy' when you kendaraai. Here are tips - tips that you can use to take care of your vehicle carburetor.


1. Cleaning the air filter or dust reservoir. Remove the air filter attached to the mouth of the carburetor, remove the foam filter and clean with cleaning fluid and allow to dry himself. Do not be cleaned by high pressure air spray because it can cause damage to the pores of the foam filter tersebut.2. Cleaning the carburetor. Open the carburetor by removing the bolts binding, close the carburetor, choke valve (choke) and faucet gasoline. Use the appropriate key to these tools is not easy dol. Remove the carburetor components and place in a container containing cleaning fluid, so you can easily just use liquid fuel.

Remove bowl carburetor, a float and a float needle, main jet, pilot jet and others. Beware of small parts and small-seal or rubber protectors. You should put in a container that is easy to see that at the time of installation do not confused look.

If you have cleaned off all the carburetor with a brush, then spray the holes with a high pressure air. Use fine sandpaper to clean the dirt on spuyer-spuyer. Not too much because it can cause mengamplasnya changes spuyer diameter.

Once clean, put back the spuyer-spuyer. Use a screwdriver spuyer and pengecangannya not too hard, just use two fingers on the tip of a screwdriver.

3. Setting high buoy. Before you installed a carburetor components you should be sure to set the gasoline gauge height using calipers or stigmat.

4. Assembling the carburetor. Put back carburetor parts that had been removed. Raft carburetor and air filter with a pair back in the engine hole. Then set the conditions on the state of the motor langsam living machine. Set spuyer winds by rotating it clockwise until then stuck around through several rounds in accordance with the standard engine or your engine conditions.

You also must set the tuner langsam bolts located at the edge of carburetor body. Set on the state of an ideal heat engine. Do not rev the engine settings are too low or slow because it will make oil could not pumped up because it was not due to low spin machine.

0 komentar: